Home » Makna Hidup » TAN KENO NINGGAL DOM LAN WADAH BANYU

TAN KENO NINGGAL DOM LAN WADAH BANYU

TAN KENO NINGGAL DOM LAN WADAH BANYU

(TIDAK BOLEH MENINGGALKAN JARUM DAN TEMPAT AIR)

Didalam sesrawungan (humanisme) kita akan mengenal keberagaman, baik budaya, perilaku, dan agama. Selain hal itu ada juga faktor dorongan Like and dislike. Oleh karenanya dalam kehidupan yang beragam kita harus bisa bawa diri.

Didalam sesrawungan kita tidak luput dengan adanya kebaikan dan keburukan perilaku. Oleh karena harus memegang falsafah “Tan keno ninggal dom lan wadah banyu”. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk kholifatu fil ard, sehingga terbentuklah hubungan kehidupan yang Rohmatan lil ‘alamin.

 DOM ARTINYA JARUM.

Jarum ini mempunyai identik dengan menjahit. Maka dapat kita menjahit kerukukan, menjahit persahaban, menjahit hubungan. Hal ini dimaksudkan meskipun ada perbedaan warna dalam bersikap,  tetap kita jahit, kita sesuaikan polanya sehingga terbentuk pola yang indah.

Jarum juga dapat dipergunakan untuk menjahit luka agar segera menutup luka tersebut sehingga dapat membentuk lapisan kulit yang baru.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin falsafah “dom” tersebut jangan sampai ditinggalkan untuk menjahit kerukunan antar sesama.

WADAH BANYU ARTINYA TEMPAT AIR.

Sebuah tempat air bermakna menampung air. Yang diharapkan dapat dipergunakan bersuci untuk seluruh badan kita yang kotor, selain hal tersebut juga untuk menjaga kesucian diri kita. Hal ini dimaksudkan setelah seharian sesrawungan, maka marilah kita selalu berdoa yang kurang baik semoga Allah memaafkan. Selalu melakukan muhasabah untuk memperbaiki diri.

Dimanapun bersama siapapun kita harus bisa menjaga diri agar tidak terkontaminasi dalam keterpurukan, dan selalu menebar kebaikan.

Air yang bersih dapat membersihkan, maka bersihkanlah hati kita untuk selalu terjaga bersihnya hatika. Bersihnya hati akan mencerminkan baiknya perilaku. Dan perilaku yang baik akan membawa kedamaian alam sekitar kita.

Air yang suci dapat mensucikan, selalu penuhi hati kita bersama asmaNya agar selalu terjaga kesucianAsamanya didalam sanubari kita semua. Sebagai cerminan bahwa kita sebagai hamba Allah atau Abdilillah. Sebagai hamba Allah yang terpilih akan menjadi keluarganya Allah

Facebook Comments